Kebihan dan Kelemahan Toyota Avanza

Posted by on Oct 25, 2018 in Artikel | 0 comments

rental mobil avanza di tangerangToyota All New Avanza dirilis sebagai upaya pihak pabrikan bertahan di kelas Low MPV seiring dengan makin ketatnya persaingan di segmen yang sedang naik daun tersebut. Berbekal nama besar Toyota dan pengalaman sebagai perintis segmen Low MPV tanah air meski sering menjadi bahan cercaan nyatanya Toyota Avanza masih mencatatkan penjualan fantastis. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir mobil ini pun diekspor ke beberapa negara tetangga.

Meski merupakan 7-seater MPV namun jelas soal kelegaan dan kenyamanan tak bisa disejajarkan dengan saudaranya Toyota Innova yang bermain di kelas Medium MPV. Namun sebagai sebuah kendaraan yang berfungsi mengangkut penumpang point-to-point Toyota All New Avanza bukan sekedar layak namun sekaligus juga praktis dan efisien. Praktis dan efisien mungkin itulah dua kata kunci sukses Avanza dan Xenia hingga kini.

Jika dibandingkan Toyota Avanza generasi pertama memang penampilannya lebih enak dilihat dan atraktif. Namun secara keseluruhan desain Toyota All New Avanza tetap terlalu sederhana, apalagi jika dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya saat ini seperti Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin dan Honda Mobilio.

Pada bagian interior Toyota All New Avanza pun suasananya masih senada, ada beberapa perubahan dibanding pendahulunya namun soal estetika dan kenyamanan masih belum sesuai harapan. Di kelas ini benchmark kualitas kabin baik dari segi estetika maupun kenyamanan masih dipegang oleh Suzuk Ertiga, disusul oleh Chevrolet Spin.
Lagi-lagi beberapa peningkatan seperti jok yang lebih nyaman dibanding Avanza gen.1 misalnya perlu mendapat apresiasi. Mungkin salah satu kelemahan Toyota All New Avanza yang sekaligus menjatuhkan ekspektasi kebanyakan calon konsumen adalah jok baris ketiga yang masih tetap menyediakan legroom demikian terbatas.

Jangankan pada Toyota All New Avanza standar, pada Toyota Avanza Veloz Luxury yang notabene adalah tipe termahal pun kondisinya tak banyak berbeda.

Berada di balik kemudi Toyota All New Avanza 1.5 rasa-rasanya tak memberikan impresi berbeda dibanding generasi sebelumnya. Karakter mesinnya masih sama, meski pasti bakal menyisakan pertanyaan kenapa justru output mesin Avanza 15 ini disunat dari sebelumnya yang memiliki daya maksimum 109 PS dan torsi 141 Nm menjadi 102 PS dan 136 Nm. Padahal pada saat yang sama bobot Toyota All New Avanza bertambah beberapa kg jika dibanding pendahulunya. Mungkin satu-satunya alasan yang masuk akal adalah target pihak pabrikan untuk menjadikan konsumsi BBM Toyota All New Avanza tetap berada pada angka yang ekonomis.

Secara general Toyota All New Avanza masih menjadi pemain utama di kelas Low MPV terlepas dari semua hujatan dan kritikan yang ditujukan kepadanya. Nama besar Toyota, harga jual kembali yang sudah teruji selama bertahun-tahun, pengalaman sebagai pionir dan juga fakta bahwa mobil ini menjadi satu-satunya Low MPV yang masih menggunakan sistem penggerak roda belakang adalah beberapa kelebihan Toyota All New Avanza yang membuatnya masih mampu bertahan di tengah sengitnya kompetisi belakangan ini.

Sumber : https://zerzun.wordpress.com

Comments are closed.